Sabtu, 02 Juni 2012

Rossi Kembali Menantikan Keajaiban Lintasan Basah

 CATALUNYA, Kompas.com - Valentino Rossi akan start dari barisan ketiga pada GP Catalunya, Minggu (3/6/2012). Pasalnya, "The Doctor" hanya mampu berada di urutan kesembilan pada sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu (2/6/12).

Meskipun demikian, juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut punya harapan untuk menuai hasil bagus pada seri kelima ini, jika ramalan cuaca bahwa hujan akan menggur Sirkuit Catalunya saat balapan, benar-benar terjadi. Apalagi, meskipun di urutan kesembilan, pebalap Ducati ini "hanya" terpaut 0,880 detik dari pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, yang meraih pole position.

"Saya agak senang karena kami bisa memperbaiki pengesetan motor dan berada di barisan ketiga, yang mana merupakan tujuan kami hari ini, meskipun jika saya banyak kehilangan di bagian akhir trek, terutama saat masuk dua tikungan terakhir," ujar Rossi.

"Meskipun demikian, kami juga bisa merasa agak puas dengan kecepatan balapan kami, karena saya bisa mengendarai motor dengan baik dan konsisten, walaupun menggunakan ban bekas.

"Ramalan cuaca mengatakan bahwa ada kemungkinan hujan saat balapan, dan tentu saja kami tahu bahwa kami bisa bagus di lintasan basah, meskipun sebenarnya kami juga bisa baik dengan temperatur yang lebih dingin."

Memang, Ducati selalu bisa memanfaatkan keajaiban lintasan basah. Terbukti, meskipun Rossi sangat tidak kompetitif selama bergabung dengan Ducati, tetapi dia mampu naik podium nomor tiga di Le Mans pada musim lalu, ketika balapan berlangsung dalam kondisi basah. Bahkan dua pekan lalu, Rossi mengalahkan Stoner untuk menjadi runner-up GP Perancis.

Saat kualifikasi di Catalunya ini, Rossi kembali menggunakan swingarm fiber karbon. Sebelumnya, pada hari pertama, peraih sembilan gelar juara dunia grand prix ini memakai desain aluminium baru, yang sudah dicoba selama tes di Mugello akhir pekan lalu.

0 komentar:

Posting Komentar