Jumat, 01 Juni 2012

Gempa Tsunami Fukushima Pengaruhi Atmosfer Bumi



 

Hidayatullah.comGempa besar disertai tsunami yang menghantam Fukushima, Jepang, tahun lalu ternyata juga mempengaruhi keadaan elektron di lapisan atmosfer atas, lapor lembaga antariksa Amerika Serikat NASA sebagaimana dilansir Reuters (31/5/2012).
Gelombang energi dari gempa dan tsunami yang sangat merusak di bumi, daya destruktifnya mencapai lapisan ionosfer, lapisan teratas atmosfer yang membentang dari sekitar 50 hingga 500 mil di atas permukaan bumi.
Ionosfer merupakan lapisan terakhir dan paling tipis dari atmosfer, di mana radiasi sinar ultraviolet memecah molekul dan meninggalkan kabut elektron dan ion.
Gambar yang dirilis NASA pada hari Jumat lalu, menunjukkan bagaimana getaran yang ditimbulkan gempa dan tsunami 11 Maret 2011 menggema dan mempengaruhi gerakan elektron yang letakknya jauh di atas. Gerakan itu dipantau dengan melacak sinyal GPS antara satelit dan stasiun penerima di bumi.
Para ilmuwan pernah melihat fenomena ini sebelumnya, yaitu pada saat terjadi tsunami di Samoa tahun 2009 dan Chile tahun 2010.
Apa yang terjadi di Fukushima, Jepang, bahkan dipantau dengan sangat cermat oleh sejumlah jaringan padat penerima sinyal GPS, kata NASA dalam pernyataannya.*

0 komentar:

Posting Komentar