Persaingan semakin ketat. Berbagai strategi pemasaran pun disiapkan dan dilancarkan demi meningkatkan profit. Tapi tidak usah khawatir, tersedia banyak ruang di dunia maya baik untuk veteran maupun pemula.
Mark Kirschner, Vice CMO Rakuten, salah satu situs belanja online terbesar di Jepang membagi tips untuk sukses berjualan melalui dunia maya. Berikut empat tips darinya yang dikutip dari Business Daily, Senin (4/6/2012).
1. Selalu sediakan yang terbaik
Jika semuanya terpenuhi, maka Anda sudah siap untuk berjualan di dunia maya dan konsumen pun dipastikan akan mulai melirik Anda. Agar konsumen bisa setia, Anda harus menciptakan sebuah layanan yang tak terlupakan bagi konsumen.
Layanan seperti ini disebut Omotenashi oleh orang Jepang, yaitu layanan yang diberikan secara maksimal tanpa melihat bentuk barangnya, baik itu murah maupun mahal. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan bonus, diskon, atau hadiah kecil. Loyalitas konsumen itu tidak bisa dibeli dengan uang.
2. Biarkan pembeli punya kenyamanan berbelanja sendiri
Kecepatan juga menjadi kunci dalam berjualan online. Respon penjual harus cepat tanggap dalam menyediakan barang yang diinginkan pembeli. Jika sedikit lambat saja, si pembeli biasanya sudah menemukan barang yang diinginkan di tempat lain.
3. Berceritalah kepada pelanggan
Pelanggan selalu ingin tahu lebih dalam mengenai produk yang mereka gunakan, dan ingin percaya terhadap toko yang menjualnya. Berceritalah tanpa batas, mulai dari di blog, Twitter hingga Facebook. Jangan pelit gunakan ruang, pakai foto, video dan penghias laman lainnya.
Jangan sampai Anda hanya menjadi situs jual-beli yang kaku tanpa keinginan untuk menjadi teman dari pelanggan Anda.
4. Dekati teman Anda, tapi lebih dekati lagi musuh Anda
Jual-beli online semakin hari semakin marak. Inovasi-inovasi baru
diciptakan banyak orang untuk menjaring pelanggan. Jangan tinggal diam,
perhatikan juga apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda.
Amati perkembangan mereka dan cari langkah untuk bisa mengungguli mereka. Cari tahu bagaimana mereka memperlakukan pelanggan, melakukan promosi, sampai jenis barang yang dijual di situsnya.
Anda juga bisa memonitor perkembangan kompetitor melalui blog, Twitter hingga Facebook tadi. Jangan hanya fokus kepada 'musuh' saja, Anda juga harus pantau perkembangan pelanggan dengan lebih baik lagi.
Amati perkembangan mereka dan cari langkah untuk bisa mengungguli mereka. Cari tahu bagaimana mereka memperlakukan pelanggan, melakukan promosi, sampai jenis barang yang dijual di situsnya.
Anda juga bisa memonitor perkembangan kompetitor melalui blog, Twitter hingga Facebook tadi. Jangan hanya fokus kepada 'musuh' saja, Anda juga harus pantau perkembangan pelanggan dengan lebih baik lagi.
0 komentar:
Posting Komentar