Minggu, 03 Juni 2012

Orang Ini Pengaruhi Steve Jobs Namai iMac


iMac pertama (Ist)
Amerika Serikat - Selalu ada kisah menarik di balik nama sebuah produk. Nyatanya, memberi nama sebuah produk tak bisa dianggap enteng apalagi bagi orang seperti mendiang Steve Jobs yang menuntut kesempurnaan.

Ini pula yang terjadi pada salah satu produk Apple yakni iMac. Jika bukan karena orang ini, Anda kemungkinan akan menyebut komputer personal Apple tersebut MacMan.

Adalah Kevin Segall, orang di balik layar kampanye 'Think Different' Apple yang 'berjasa' membujuk Jobs yang kala itu keukeuh ingin menamai komputernya dengan sebutan MacMan. Terdengar lebih keren atau malah lucu?

Dalam bukunya yang akan terbit, Fast Company, Segall menceritakan bagaimana ritual Apple saat produk baru selesai dikerjakan. Jobs akan mengundang karyawan Apple dalam sebuah pertemuan untuk melihat perangkat tersebut.

Ketika kain yang menutupi perangkat dibuka, Jobs ingin mengetahui tanggapan spontan setiap orang melihat komputer warna-warni tersebut. Karyawan biasanya akan memuji produk yang dipamerkan dan berupaya memahami bagaimana cara kerja serta kontribusinya untuk dunia.

Disinilah peran Segall mempengaruhi Jobs. "Kami sudah ada nama yang sangat disukai. Tapi saya ingin tahu apakah kalian punya nama lain yang bisa mengalahkannya. Namanya 'MacMan'," tulis Segall dalam bukunya mengutip perkataan Jobs kala itu.

Dilansir Mashable, Minggu (3/6/2012), penggunaan nama 'iMac memerlukan usaha keras membujuk Jobs karena dia tidak suka dengan nama itu. Jobs yang saat itu menjabat sebagai CEO lebih suka komputernya diberi nama 'MacMan'.

Akhirnya, Segall pun berhasil memenangkan 'pertarungan' soal nama ini. Jobs, meski keras kepala dan perfeksionis, dikenal juga sangat mementingkan produk bagi para konsumennya. Memang, perlu usaha keras untuk meyakinkan sosok yang disegani ini.

0 komentar:

Posting Komentar