Minggu, 04 Oktober 2009

Membangun Internet RT/RW

Langsung Aja nich saya akan mengulas pembuatan Internet RT-RW, sorry mungkin ada rekan2 yang belum mengetahui apa itu Internet RT/RW, Internet RT/RW : Mengakses internet bersama tetangga kita baik lingkupan tingkat RT atau RW, tergantung banyaknya tetangga yang akan memakai internet, adapun iurannya dan peralatannya bisa kita bagi2 atau share bersama tetangga yang akan pakai internet atau kita yang menyiapkan peralatannya, kemudian tetangga yang akan memakai internet iuran bulanannya dilebihkan untuk sewa peralatan.
Adapun tujuan dari Internet RT/RW :
  1. Menjalin tali silahturahmi dengan tetangga
  2. Membuka cakrawala informasi melalui media internet
  3. Berbagi dengan sesama pemakai internet, sehingga beban iuran internet menjadi lebih murah
Untuk saat ini saya telah membangun Internet RT/RW (kira2 sudah 3 bulanan) di perumahan dimana saya tinggal yaitu di kompleks Bumi Adipura Gedebage Bandung

Kebutuhan Peralatan
  1. Router/DSL/LAN, untuk peralatan ini saya memakai merk TP-Link, sampai saat ini cukup tangguh.
  2. Switch 10/100 Mbps 8 Port (TP-Link), Untuk share dengan pengguna internet yang ingin menggunakan kabel UTP sebagai media pengubungnya.
  3. Kabel UTP cat 5E dengan panjang sekitar 100 Meter, kabel ini digunakan untuk menyambungkan dari Switch ke AP.
  4. AP Indoor merk TP-Link, AP ini digunakan bagi pengguna internet WIFI.
  5. dikarenakan tegangan listrik di rumah saya kurang stabil, untuk pengamanan peralatan router dan agar koneksi tidak putus nyambung, maka saya pakai stabilizer, ya cukup yang murah aja, saya pakai merk STAVOL.
  6. Anterna Buatan Sendiri (HomeBrew), Dikarenakan biaya untuk membeli antenna cukup mahal ya sekitar 800 rb s.d 1 jt, maka saya membuat sendiri antennanya, adapun bahan2an dari dari kabel NYA 4mm2 dan Pipa PVC 1 Inc, Terminal BNC dan sambungan BNC ke SMA, ya lumayan dengan antenna buatan sendiri ini, dapat menjangkau anggota dengan jarak 60 Meter. Ulasan lebih lanjut mengenai antenna lihat topic pembuatan antenna Homebrew.
Sedangkan untuk koneksi internetnya saya pakai TelkomSpeedy dengan paket Load, setelah diujicoba selama 3 bulan ini, internetnya cukup handal.

Kebutuhan Biaya dan Pendapatan
Pengeluaran
  1. Peralatan : 1 Jt
  2. Iuran Bulanan, Listrik dan Aboedemen Telepon : 350 ribu
Pendapatan
  1. Iuran Bulanan dari Anggota 6 Orang x 60 Rb : 360 Ribu
  2. Iuran Menjadi Anggota 250 Rb (untuk mengganti Alat )
Kelebihan saldo perbulan = 10 Rb, ditambah sisa iuran menjadi anggota = 500 Rb,
saldo tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan pemeliharaan peralatan.

0 komentar:

Posting Komentar