Selasa, 18 Desember 2012

Tutor membuat plugin di ArcGIS Desktop – 1

Setelah browsing kesana kemari dan belajar dari paman google, akhirnya a bisa juga saya membuat contoh plugin untuk ArcGIS Desktop, dengan plugin ini, maka interaksi dengan ArcMap lebih mudah.
Adapun yang dapat dibuatkan plugin untuk ArMap :
1. Membuat Tombol
2. Membuat Toolbar
3. Membuat Menubar
4. Membuat Dock Button
5. Membuat Extention.
Bahasa pemograman yang saya gunakan adalah C#, pembaca dapat menggunakan bahasa pemograman VB.net. saya menggunakan C# hal ini semata-mata karena kebetulan saya baru belajar bahasa C#, belajar ArcObject  (ArcGIS Core) SDK sekalian belajar C#.
fungsi dari plugin yang saya buatkan adalah untuk zoom by layer selection,  pada saat tombol ini ditekan, maka secara otomatis di layar akan zoom by layer yang di pilih, berikut langkah-langkah pembuatannya :
Buka  Visual Studio project
  1. Buka Visual Studio (VS)
  2. klik file, pilih new dan klik project, maka Dialog Box New Project akan dibuka
  3. Dibawah Type Project, expand Visual C# project node, kemudian expand ArcGIS Node, dan klik Desktop Add-Ins
  4. select ArcMap Add-in template di panel Add-In Template panel,
  5. Ketikan nama Project CustomUIElements  dan pilih lokasi dimana project tersebut disimpan

0 komentar:

Posting Komentar