Kamis, 09 September 2010

Sebelum Natal, Google Luncurkan Saingan iTunes


Jakarta - Google tak sabar untuk segera meluncurkan Google Music yang disebut-sebut para analis akan menyaingi iTunes Apple. Raksasa internet ini memastikan layanan unduh lagu miliknya meluncur sebelum perayaan Natal tiba.

Maka tak heran, seperti dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (10/9/2010), Google kini kian gencar berkomunikasi dengan berbagai perusahaan rekaman, terkait persiapan peluncuran layanan musiknya itu.

"Kami intensif berdiskusi dengan para pelaku industri musik," kata Andy Rubin, selaku Vice President of Engineering Google. Dia menegaskan niat Google agar Google Music sudah siap dioperasikan menjelang Natal.

Layanan ini diperkirakan akan serupa dengan iTunes Apple dan layanan sejenis seperti Play Digital dan Amazon MP3. Akan ada juga layanan digital music locker yang memungkinkan pengguna menyimpan koleksi musik mereka berbasis komputasi awan (cloud) sehingga bisa diakses dari berbagai perangkat berkoneksi internet.

Rencana Google untuk meluncurkan Google Music sudah santer terdengar sejak Mei lalu, setelah Google mengemukakannya pada pertemuan para developer I/O di California, Amerika Serikat (AS).

Google Music agaknya akan terkait erat dengan sistem operasi mobile Android. Saat tiba waktu peluncuran nanti, layanan ini akan menandai fase baru persaingan Google dengan Apple di arena yang baru.

Kedua raksasa ini akan berhadapan di lahan basah yang tumbuh pesat, termasuk untuk produk mobile, sistem operasi desktop, periklanan online dan tentunya layanan unduh musik.

0 komentar:

Posting Komentar