Minggu, 26 September 2010

10 Mitos Bisnis Toko Online - Mitos #8 Tidak Perlu Bayar Iklan Ekstra


8. Tidak Perlu Bayar Iklan Ekstra

Pada dasarnya, sebuah toko online tidak tampak di mata. Jadi kehadirannya tidak bisa dirasakan oleh indera kita secara langsung (tanpa bantuan perangkat komputer dan layanan internet).

Perbedaan ini juga pada gilirannya akan menambah pekerjaan rumah kita karena kita harus lebih giat mempromosikannya. Konsep toko online yang tadinya bersifat murah, kini mulai dijejali dengan biaya-biaya, termasuk biaya pemasaran dan iklan ekstra.

Beberapa toko online sangat mengandalkan Google sebagai sumber untuk meningkatkan pengunjung, sebagian dengan cara menata dan mengakali kata kunci. Ini membutuhkan keahlian yang perlu dipelajari.

Nah, kita dihadapkan lagi dengan pertanyaan sebelumnya, yaitu apakah akan mengerjakan ini sendiri atau menyewa jasa profesional? Apakah sumbangan Google sudah cukup memuaskan?

Selain SEO, trik pemasaran terpopuler kedua adalah "word of mouth". Ini dilatarbelakangi oleh alasan gratis, bukan karena faktor efisiensi.

Perlu diingat bahwa aktivitas marketing tidak hanya berupa omongan dari mulut ke mulut, tapi juga berupa banyak strategi lain. Bahkan pemasangan iklan berbayar di Google atau Facebook bisa mempercepat proses "word of mouth" nantinya. Bukankah sebuah produk harus diperlihatkan dahulu, baru pantas dibicarakan?

Kesalahan yang umum dilakukan bukan terletak pada pemilihan strategi, tapi karena tidak adanya upaya untuk mengimbangi aktivitas yang satu dengan kampanye lain yang kiranya bisa mempercepat proses viral.

0 komentar:

Posting Komentar