Minggu, 26 September 2010

10 Mitos Bisnis Toko Online - Mitos #5 Saya Tidak Butuh Seorang Designer


5. Saya Tidak Butuh Seorang Designer

Hal teknis kadang cenderung lebih penting, daripada urusan desain. Bila sebuah situs tidak bisa diakses karena masalah teknis, sudah pasti situs itu gagal memenuhi fungsinya. Sementara peranan desain masih dipandang sebelah mata, karena kegagalan dalam tampilan tidak terasa langsung imbasnya.

Dasar pemikiran ini membuat peranan seorang designer web toko online menjadi terabaikan. Bahkan banyak developer yang cenderung merangkap sebagai seorang designer dengan membangun toko online dari awal.

Padahal, tampilan situs tidak untuk dianggap remeh, karena yang dilihat pengunjung dari awal sampai akhir bukanlah kode-kode programming. Sebaliknya, urusan desain juga cenderung mengundang penilaian yang subyektif. Jadi programmer atau designer macam apa yang bagus, atau memenuhi kebutuhan pengguna?

Gampangnya, cobalah untuk menilai sebuah tampilan situs toko online Anda dari sisi penyajian informasi yang jelas dan kenyamanan dalam penggunaan, bukan semata-mata dari segi artistik.

Karena itu, coba tanyalah pada diri sendiri dan beberapa orang teman, apakah situs yang dibuat sudah cukup memudahkan mereka mencari barang yang diinginkan.

Seorang designer andal akan berangkat dari suatu masalah dan berusaha menyajikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Ini berbeda dengan seorang artis yang cenderung susah ditebak dan lebih mementingkan nilai seni suatu karya.

0 komentar:

Posting Komentar